Sunday, April 4, 2010

STRATEGI TINGKAT BISNIS

v Strategi Tingkat Biaya

1. Kepemimpinan Biaya Internasional

Adalah serangkaian tindakan integratif yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan barang-barang atau jasa pada biaya yang relatif rendah, relatif terhadap para pesaing, dengan ciri-ciri yang dapat diterima oleh para pelanggan.

Perusahaan yang berusaha mendapatkan keunggulan kompetitif melalui strategi kepemimpinan biaya sering kali menghasilkan produk-produk standar, tanpa tambahan yang berarti. Laba di atas rata-rata dihasilkan ketika perusahaan secara terus-menerus mendorong biayanya menjadi lebih rendah daripada para pesaingnya, sambil menyediakan produk-produk yang harganya lebih rendah dan bentuk-bentuk diferensiasinya dapat diterima pelanggan.

Risiko persaingan yang bekaitan dengan strategi kepemimpinan biaya meliputi (1) kehilangan keunggulan kompetitif karena teknologi yang lebih baru, (2) kegagalan mendeteksi perubahan dalam kebutuhan pelanggan, dan (3) kemampuan para pesaing untuk menerima keunggulan kompetitif pemimpin biaya melalui tindakan strategis merekayang unik.

2. Strategi Diferensiasi

Adalah serangkaian tindakan integratif yang untuk dirancang memproduksi barang atau jasa yang dianggap pelanggan berbeda dalam hal-hal yang penting bagi mereka.

Strategi diferensiasi memampukan perusahaan untuk menyediakan produk-produk yang memiliki ciri-ciri berbeda (dan nilai) kepada para pelanggan. Karena keunikannya, produk-produk dan jasa diferensiasi dijual dengan harga premium. Semakin sedikit kemiripan dengan produk-produk pesaing, semakin perusahaan itu bertahan dari persaingan dengan lawan-lawannya.

Risiko yang berkaiatan dengan strategi diferensiasi meliputi (1) keputusan kelompok pelanggan tertentu yang merasa bahwa perbedaan antara produk diferensiasi dan barang-barang dan jasa pemimpin biaya tidak lagi bernilai untuk harga premium, (2) ketidakmampuan produk diferensiasi untuk menciptakan jenis nilai yang mau dibayar pelanggan dengan harga premium, (3) kemampuan para pesaing untuk menyediakan produk-produk yang berciri sama dengan produk-produk diferensiasi, tapi dengan biaya yang lebih rendah, (4) ancaman pemalsuan, di mana perusahaan memproduksi barang-barang dan jasa diferensiasi dengan harga murah dan ‘mematikan’.

3. Startegi Fokus Internasional

Adalah serangkaian tindakan integratif yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan barang-barang dan jasa yang melayani kebutukhan segmen persaingan tertentu.

Suatu perusahaan yang menerapkan strategi fokus akan berusaha menggunakan kompetensi-kompetensi intinya untuk melayani kebutuhan segmen industri tertentu: kelompok pembeli partikular, segmen atau lini produk yang berbeda, atau pasar geografis yang berbeda. Dasar dari strategi fokus adalah bahwa suatu perusahaan dapat melayani segmen partikular dari suatu industri dengan lebih efektif atau efisien dari para pesaingnnya. Kesuksesan dengan strategi fokus terletak pada kemampuan perusahaan untuk menemukan segmen-segmen yang memiliki kebutuhan yang unik atau mengalokasikan segmen yang dilayaninya dengan buruk oleh para pesaing industri lainnya.

Perusahaan dapat menciptakan nilai bagi pelanggan dalam segmen pasar yang unik dan spesifik dengan menggunkan satu dari dua strategi fokus yang berbeda: kepemimpinan biaya fokus dan diferensiasi fokus.

Risiko kompetitif dari strategi fokus meliputi (1) kemampuan pesaing untuk menggunakan kompetensi intinya untuk “mengaburkan” fokus pelaku strategi fokus dengan melayani segmen kompetitif yang lebih sempit lagi, (2) keputusan-keputusan yang dibuat oleh para pesaing industri untuk melayani kebutuhan khusus kelompok pelanggan-pelanggan segmen kompetitif sempit dan pasar industri secara luas.

v Stretegi Tingkat Perusahaan

1. Strategi Multidomestik/Multinasional

Perusahaan memberikan banyak kebebasan pada anak-anak perusahaannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berada dalam wilayah mereka. Dimana perusahaan induk membiarkan para anak perusahaan mengembangkan produk dan praktek mereka sendiri.

2. Strategi Global

Strategi global mengumpulkan pengendalian di perusahaan induk. Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentral dan dikirimkan pada anak-anak perusahaan.

3. Perusahaan Transnasional

Perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operas, dan menkoordinasikan logistik agar produk mencapai efisiensi dan integrasi global, sambil menyediakan fleksibilitas di tingkat lokal.

0 Komentar:

Post a Comment

 

I see, I feel, I write Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang