Minyak Zaitun, Minyak Nan Melegenda

April 17, 2010 Metharia 4 Comments


Buah Zaitun, Buah dari mediterania.
Tapi bentuknya kok kaya buah Belinjo yak?? wkwkwkwkkk

Hmm, pas pulang haji beberapa tahun yang lalu nyokap gw dengan hebatnya berhasil meloloskan sebotol minyak zaitun dari pengawasan, bukannya kalo bepergian -apalagi keluar negri- benda2 cair gak boleh dibawa ya,
baru kali ini ngeliat minyak zaitun. Sering denger, tapi nggak tau manfaatnya buat apa. Setelah browsing2 ternyata manfaatnya boleh juga ya.
Dan beberapa hari ini saya mulai mengkonsumsi minyak zaitun, diminum. Rasanya wuueekkww.. tapi ingat khasiatnya merisaaaaa.... bisa mencegah kanker mpe 50% *nyokap setengah tahun yang lalu barusan operasi pengankatan payudara krn kanker :(


Nih beberapa khasiatnya beserta cerita tentang minyak zaitun itu sendiri

Minyak zaitun, mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Penelitian menunjukkan serangan jantung di daerah Mediterania, yang mengkonsumsi minyak zaitun, hanya separuh dibanding di tempat lain. Berdasarkan Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.

Penelitian Harvard yang terbaru menyimpulkan bahwa Lemak tak jenuh ganda seperti terdapat pada minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol LDL(low density lipoprotein) Dimana LDL adalah kadar kolesterol darah jahat yang dapat menimbun di dinding-dinding arteri.

Jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun. Manfaat lain Minyak zaitun adalah untuk membuat kulit sehalus kulit bayi, menjadikan rambut lebat.

Jika senang mengonsumsi makanan di daerah Laut Mediterania, tentu tak asing lagi dengan buah zaitun yang kerap dicampurkan di dalam menunya. Rasanya yang asam memberi reaksi yang kontras bagi yang mengudapnya: sangat senang atau tidak senang sama sekali.

Buah zaitun ini pun diolah dalam berbagai bentuk, ada yang dikeringkan, dijadikan acar atau diperas untuk diambil minyaknya, yang kemudian dicampurkan ke dalam menu makanan sehingga memiliki rasa yang khas, Namun, bukan hanya sebagai penyedap rasa saja, minyak zaitun selama beribu-ribu tahun juga terbukti menjadi salah satu rahasia merawat tubuh.

Berikut ini ada beberapa cara / tips memanfaatkan minyak zaitun (olive oil) untuk kecantikan:

1. Jika dioleskan ke mahkota kepala, minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut sehingga membuatnya hitam dan lebat.
Hal ini pulalah yang, konon, dipraktikkan oleh Cleopatra di masa lalu. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.

2. Bukan hanya untuk rambut, minyak zaitun pun memberi manfaat tersendiri jika diaplikasikan di wajah, khususnya untuk wajah kering dan mulai berkeriput.
Hal tersebut tak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembapan tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah.

Oleskan secara merata di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Sembari mengoleskan ke wajah, berilah sedikit pijatan karena minyak tersebut juga dapat membantu mengendurkan ketegangan otot di wajah setelah lelah beraktivitas. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebih segar.

3. Demikian pula untuk merawat kesehatan kulit di tubuh secara keseluruhan, yang bisa dioleskan ketika mandi.
Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya. Dengan beragam manfaat ini, tak heran jika minyak zaitun juga banyak ditemui sebagai salah satu bahan formula yang digunakan dalam sebuah produk kecantikan.



*dan khusus untuk perawatan wajah, coba aja ngolesin langsung ke muka.. hasilnya berasa banget buat yang kulitnya kering*

Makanya sekarang Sari Ayu ngeluarin produk varian minyak zaitun, untuk perawatan kalo gak ada virgin oil-nya, yang ini bisa di coba. :)

Selamat Mencoba R0ckers

You Might Also Like

4 comments:

  1. minyak zaitun kalo taruh di koper yg di bagasi kan boleh dong? kecuali taruh di kabin gak boleh kali.

    ReplyDelete
  2. Nice posting.
    Salam
    http://PakOsu.wordpress.com/

    ReplyDelete
  3. aku sering tuh pake minyak zaitun..
    hehee..

    kunjungan perdana ney... lam kenal.. :)

    ReplyDelete
  4. @sang cerpenis : thx infonya

    @ alris : trims,,

    @ ieyaz : salam kenal juga., saya kunjungi balik

    ReplyDelete